22
Dec

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Hyaluronic Acid

Apa Sebenarnya Hyaluronic Acid?

Hyaluronic acid atau asam hialuronat merupakan glikosaminoglikan alami, komponen struktural alami kulit yang terdapat dalam jaringan ikat di tubuh manusia. Hyaluronic acid atau yang dikenal juga dengan sebutan HA dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti makanan ataupun suplemen. HA didistribusikan secara meluas di seluruh jaringan ikat, saraf, dan epitel. Hyaluronic acid berperan penting di sebagian besar area tubuh, terutama bermanfaat untuk persendian dan kulit.

source: http://www.proskinclinics.com/blog/hyaluronic-acid-whats-fuss/

Bagaimana Hyaluronic Acid Bekerja?

Keunggulan dari hyaluronic acid adalah kemampuannya untuk mempertahankan kelembaban. Hyaluronic acid dikatakan memiliki kapasitas yang lebih besar untuk mempertahankan kelembaban, dibandingkan dengan polymer alami atau sintetis lainnya. Hal inilah yang kemudian membuat hyaluronic acid dianggap sebagai bahan yang penting untuk anti-aging, karena keremajaan kulit sangat berkaitan dengan kadar kelembaban kulit.

Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit

Hyaluronic Acid dapat meningkatkan kadar kelembaban kulit sekaligus memperkuat pertahanan kulit, yaitu lapisan kulit terluar. Segala kebaikan agar kulit tampak lebih muda ditawarkan oleh hyaluronic acid, yaitu kulit lembut, halus, dan juga kencang.

source: http://beauty.onehowto.com/article/benefits-of-hyaluronic-acid-for-skin-2691.html
Tidak hanya itu, masih ada manfaat lain yang ditawarkan oleh hyaluronic acid. Kerusakan pada kulit yang terjadi akibat paparan sinar matahari serta berbagai permasalahan lainnya seperti jerawat, kulit sensitif, dan rosacea, dapat mengakibatkan rusaknya penghalang pada kulit (skin barrier). Jadi, salah satu solusi untuk mengatasi atau meminimalkan permasalahan tersebut adalah dengan penggunaan bahan yang identik dengan kulit, seperti hyaluronic acid.
Hyaluronic acid memiliki tekstur yang ringan sehingga dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Bahkan untuk kulit berminyak dan kulit sensitif pun tidak menjadi masalah. Selain itu, hyaluronic acid juga dikatakan aman jika digunakan pada masa kehampilan maupun menyusui.
Masih ada lagi yang keunggulan yang ditawarkan oleh hyaluronic acid, yaitu antioksidan yang menyediakan pertahanan terhadap kerusakan akibat radikal bebas, dan mengurangi peradangan. Oleh karena itu, hyaluronc acid juga dikatakan sebagai multitasking anti-aging ingredient.